Cara Flash Asus Zenfone 5 Via ADB Fastboot Tool Terbaru 1000% sudah teruji - INDOBLOG BLITAR
Breaking News
Join This Site
Cara Flash Asus Zenfone 5 Via ADB Fastboot Tool Terbaru 1000% sudah teruji

Cara Flash Asus Zenfone 5 Via ADB Fastboot Tool Terbaru 1000% sudah teruji



Asus Zenfone 5 | INDOBLOG BLITAR - merupakan handphone milik saya pribadi, sedikit berbagi pengalaman bahwa handphone milik saya sudah terhitung berumur 2 tahun dari pertama kali saya menggunakannya. Pernah ada masalah mulai dari lcd pecah, kesiram air, dan lainnya. Tetapi untung saja ada cara flash asus zenfone 5 ini. Fyi, tipe zenfone 5 saya yaitu t00f, ada juga yang satunya yaitu tipe t00j.

Seperti komputer ketika sistemnya sudah mulai kurang baik, perlu dilakukan install ulang. Begitupun dengan asus zenfone 5, ketika terdapat keluhan seperti bootloop, tidak respon, wifi problem, dan lainnya mungkin kita perlu melakukan flash asus zenfone 5 tanpa pc agar kondisinya kembali normal seperti semula.

Bootloop adalah masalah perangkat Android berupa kegagalan masuk ke dalam sistem, cirinya ketika perangkat hanya menampilkan logo Android atau logo asus jika handphone kita merek ini.
Untuk mengantisipasi sebuah cara saja tidak berhasil, maka Berakal.com akan bagikan 3 solusi mudah yang bisa digunakan, yaitu flash asus zenfone 5 via flashtool, via ADB fastboot tool, dan tanpa pc.

Kami sudah siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk melakukan flashing asus ini, selain itu kami juga siapkan video tutorial untuk mempermudah kamu melakukan langkah-langkah yang diperlukan.

Cara Flash Asus Zenfone 5 dengan ADB Fastboot Tool

Solusi yang terakhir yaitu menggunakan ADB Fastboot Tool, seperti biasanya download dahulu:


  • Driver Android Intel Setup
  • ADB Fastboot Tool
  • Firmware Asus Zenfone 5 T00F/T00, kami rekomendasikan pilih SKU yang sama dengan jenis yang di gunakan (WW , TW ,CN atau CHT)
Cara flash asus zenfone 5 via ADB Fastboot dan Persiapan di Komputer / Laptop




  1. Ekstrak dan Install Driver Android Intel Setup di Komputer.
  2. Ekstrak ADB Fastboot Tool.
  3. Ubah nama firmware Asusu Zenfone 5 yang sudah Anda download tadi menjadi user contoh : UL-ASUS_T00F-WW-3.24.40.87-user Ganti menjadi “user”, Untuk memudahkan proses flashing Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool.
  4. Selanjutnya pindahkan firmware Asus Zenfone 5 yang sudah diganti nama tadi ke dalam folder ADB Fastboot Tool.


Persiapan di Asus Zenfone 5

  1. Lanjutkan dengan masuk ke apply update dari ADB di Asus Zenfone 5 dengan menekan volume up + power secara bersama untuk masuk ke fastboot.
  2. Kemudian pilih Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk “ok“.
  3. Sesudah memilih Recovery Mode Asus Zenfone 5 akan restart dan akan muncul logo Android Tidak ada perintah
  4. Setelah logonya muncul, tekan dan tahan tombol power kemudian tekan juga tombol volume up sekali.
  5. Jika tidak berhasil. setelah muncul muncul logonya maka tekan Volume Down + Volume Up, kemudian lepas volume up tanpa melepas volume down.
  6. Pilih apply update from ADB setelah berada di menu recovery.


Proses Flash Asus Zenfone 5 via ADB Fastboot Tool Terbaru


  • Hubungkan asus zenfone 5 ke laptop menggunakan kabel usb.
  • Jalankan CMD yang berada di dalam folder ADB Fastboot Tool.
  • Ketik perintah “adb devices” di CMD kemudian asus zenfone 5 akan terdeteksi. Hal ini menandakan zenfone 5 sudah terhubung dan siap untuk melakukan proses flashing.



  • Lalu ketik perintah “adb sideload user.zip” (user.zip merupakan firmware yang diubah namanya dilangkah sebelumnya).
  • Jika berhasil, maka perintahnya akan seperti gambar berikut.




  • Ketika proses instalasi telah dilakukan,, Asus Zenfone 5 akan kembali masuk ke mode recovery, kemudian pilih reboot system now.
  • Tunggu proses flash asus zenfone 5 sampai kembali nyala (biasanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit), walaupun lumayan lama tetapi kamu bisa sambi minum kopi.


Masalah Kegagalan Yang Biasa Terjadi

Sebaiknya kita juga mengetahui berbagai masalah yang kerap ada ketika mengikuti cara flash asus zenfone 5 agar kita bisa mengantisipasi dan mengatasinya.


  1. Kabel data jelek, kamu harus pastikan terlebih dahulu kalau kualitas kabel data benar-benar baik, tidak hanya menghubungkan komputer. Biasanya, kabel data yang kecil menyebabkan koneksi putus nyambung karena arus dan tegangan tidak maksimal.
  2. Baterai Kurang, setidaknya pastikan handphone asus zenfone 5 memiliki baterai 50% lebih sebelum melakukan flash.
  3. Driver tidak terinstall, hal ini yang kurang diperhatikan oleh orang-orang yang melakukan flashing, jangan sampai proses flash gagal karena masalah driver tidak terinstall.
  4. Firmware tidak cocok atau korup saat di download.


Masalah khusus cara flash dengan adb driver:
  1. Kenapa ketika sudah mengetik adb device asus zenfone 5 di cmd tidak terdeteksi? itu karena driver belum terinstall atau ada kesalahan di komputer.
  2. Kenapa ketika sudah mengetik adb sideload user.zip (nama firmware asus zenfone 5) proses tidak berjalan? itu mungkin karena nama yang diketik salah, jadi pastikan dan usahakan nama firmware yang singkat saja. Dan juga jangan lupa mengetikan .zip nya.
  3. Bisa juga setelah mengetik adb sideload user.zip proses tidak berjalan disebabkan karena salah memilih firmware asus zenfone 5. Misalnya ketika asus zenfone 5 kamu sudah upgrade ke lollipop, maka firmwarenya juga harus lollipop.
  4. Muncul E:Error in / sideload/package.zip (Status 7) itu karena salah memilih SKU, caranya dengan download firmware asus zenfone 5 yang sama dengan SKU di Asus Zenfone 5.
  5. Ketika muncul android segitiga merah dibagian perut, padahal firmware sudah sama, coba downgrade android lollipop ke kitkat firmware Version TW_5.3.3.3 dan sukses.

Cara mengetahui SKU dan Versi OS ASUS Zenfone 5

Caranya dengan masuk ke menu recovery mode, disitu akan terlihat SKU dan versi Operation Sistem yang digunakan oleh asus zenfone 5 milik kita.

Intinya butuh kesabaran dan jangan mudah menyerah dalam melakukan proses ini walau satu atau dua kali gagal, karena cara flash asus zenfone 5 ini akan terlihat susah bagi yang pertama kali melakukannya. Tetapi sebenarnya tidak seperti yang dibayangkan.


Download :





Terimakasih Sudah Berkunjung Ke INDOBLOG BLITAR ..
Apabila ada link yang rusak tolong kasih tau saya agar secepatnya saya betulkan ... TERIMAKASIH ..






Emoticon